Rabu, 18 Maret 2009

PAROMBUS-OMBUS

Si borong-borong, nama sebuah kota kecil di Tapanuli Utara ( sekarang humbang). Belakangan, kota ini sering di sebut-sebut bakal menjadi ibukota provinsi Tapanuli yang sedang rame-ramenya di ributin di sumutera utara sana..(konon provinsi ini memang assyiknya kalo rame-rame)..

Nah, di kota si borong -borong ini lah marak penjaja kue lepat yang terbuat dari bahan tepung beras ketan dan di tengahnya ada gula aren bercampur kelapa gongseng yang dibungkus daun pisang dan di suguhi dalam dangdang supaya tetap panas/hangat.Memang akan jauh lebih maknyus menikmatinya sambil meniup-niup karena masih panas. Makanan ini lah di kenal di seluruh sumatera -utara dengan nama ombus-ombus (tiup-tiup), dan yang menjual-nya di sebut parombus-ombus.

Bila bis yang anda tumpangi mampir di terminal si borong -borong atau hanya melintas saja,maka sekelompok orang menaiki sepeda ontel bermuatan kotak kayu akan bergerombol menyerbu bis anda....Tak perlu kaget dan Panik ! Merekalah para penjaja ombus-ombus yang melegenda itu. Mereka akan berebutan menawarkan setengah memaksa ombus-ombusnya kepada setiap penumpang yang ada.Bahkan sering kali mereka bersaing dengan cara menjelek-jelekkan ombus-ombus pedagang lain.

Pedagang satu sama lain saling buka rahasia ,ada yang bilang kalo ombus-ombus temannya cuma tebal bungkusnya saja tapi isinya kecil-kecil..

Belum selesai bicara, satu pedagang lagi sedikit sesak nafas ikut angkat bicara, " Oi Lae..ombus-ombus yamg dia jual pake biang gula lae.. tapi yang saya punya asli pake gula aren!"

Pedagang yang satu tak kalah saing, Dia bilang kalo ombus-ombus pedagang itu sudah basi karena sisa dari dagangan kemarin ,tapi nekad di jual lagi.

ada juga yang nyeletuk bilang ,kalo ombus-ombusnya mereka tak manis dan hanya ombus -ombusnya lah yang nomor satu paling baik dan maniezzz..

Percaya atau tidak ,bagi anda yang baru pertama berkunjung ke si borong-borong kalo tak bersikap tenang so pasti jadi pusingggg setengah pingsan ,bingung dan bisa-bisa stroke mendadak menghadapi ulah para parombus-ombus itu...Lho jadi gimana donk ???

Seorang teman memberi Tips yang baik utk mendapatkan ombus-ombus yang baik dan terjamin enak.Caranya dengan membeli di warung makan setempat saja yang biasanya juga menjual ombus-ombus. Tak usahlah membeli di pedagang dengan sepeda Ontel itu...

wah,,,mendadak saya tertegun melihat gerombolan penjjaja ombus-ombus itu...
Mataku melotot terbelalak mengingat para caleg-caleg di negeri ini berkampanye.....

Parombus-ombus dan para Caleg Tak jauh beda...
Akhhh..sudahlah..!!!Tak perlu lah pilih mereka.
Pilih aja DPD atau Presiden saja....!!Itupun kalo anda tak malas ke bilik suara.

Horas

1 komentar:

  1. Sumatera Utara memang mempunyai kekayaan alam daerah yang luar biasa
    mari lestarikan

    BalasHapus