Sabtu, 30 Mei 2009

ASAL USUL LELUHUR BATAK,,mau MITOS atau FAKTA ???

Tak sedikit orang batak yang tahu bahwa LELUHUR BATAK awalnya bermukim di kaki gunung Pusuk Buhit yaitu Kampung Sianjur Mula-mula. Letaknya kurang lebih 8 km arah barat dari Pangururan sekarang.
Darimana sebenarnya asal Leluhur Batak hingga bermukim di situ ???Apakah dia datang bersama istrinya atau sudah dengan anak cucunya?? atau barangkali dengan rombongan lainnya. Mengenai hal ini yang sejak zaman baheula sampai sekarang masih saja jadi POLEMIK.

# Secara turun-temurun generasi orang batak telah di ninabobokan oleh sebuah Mitos,dogeng yang melengenda di masyarakat Batak hingga saat ini bahwa tersebarlah berita jika LELUHUR BATAK itu awalnya adalh manusia setengah dewa yang turun dari kayangan ;

Konon berawal dari Negeri kayangan adalah sesekor ayam yang bernama MANUK-MANUK HULAMBUJATI Yang Mengerami 3 butir telur yang kemudian menetas menjadi 3 mahluk manusia yang di beri nama
1.Tuan Batara Guru
2. Ompu Tuan Soripada
3.Ompu Tuan Mangala Bulan

Setelah ketiganya dewasa, Dewa (Mulajadi Nabolon) pun mengirim 3 gadis untuk menjadi istri mereka.
1.Boru Pareme utk batara guru
2.Siboru Parorot untuk Ompu Tuan soripada
3. Siboru panuturi untuk Tuan mangalabulan

dari perkawinan ketiga [pasangan ini masing-masing memiliki keturunan dan semua masih tinggal di Negeri kayangan...
Saya persingkat dogeng ini dari keturunan Tuan Batara Guru
1.a. Tuan Sori Muhammad
b. Datu tantan debata guru
c. dan 2 perempuan kembar Siboru Sorbajati dan adeknya SIBORU DEAK PARUJAR

Ringkas cerita, SIBORU DEAK PARUJAR inilah yang terjun dari Negeri kayangan dan akhirnya menempah tanah atas bantuan seekor burung layang-layang (si leang-leang mandi) hingga terciptalah tanah yang menjadi bumi dengan segala isinya.

#Karena sudah Betah, SI boru deak parujar tak lagi mau kembali ke kayangan. Maka Dewa Mulajadi nabolon pun mengirim Raja Odap-Odap menjadi suaminya, dan menetap di kai pusuk buhit yaitu perkampungan SIANJUR MULA-MULA.
Inilah asal-mula LELUHUR BATAK.

Mitos adalah legenda kyalan. sama halnya dengan cerita rekaan semata, hanya merupakan gubahan sipembuat cerita saja entah siapa yang memulainya. Baik legenda mitos ataupun cerita rekaan ( cerpen,novel,roman atau dongeng) sama -sama tidak memiliki Kebenaran kejadian yang sesungguhnya.

Tapi Legenda Mitos ini sepertinya sudah mendarah daging selama beratus-ratus tahun dan akhirnya menjadi cerminan dari Masyarakat batak hingga sekarang. Maka Akibat yang Timbul adalah antara lain:

# Adanya pembentukan karakter SUPERIOR bagi orang batak karena merasa mereka memiliki asal-usul yang ajaib dan turun langsung dari kayangan.
# Pada awalnya Adanya pembentukan opini bahwa Masyarakat batak itu Tertutup/ Terisolasi dari lingkungan luarnya, karena merasa mereka tidak memiliki kekerabatan langsung dengan manusia-manusia lain di luar mereka. Manusia lain di luar batak dianggap orang asing atau Sileban.
# Bahkan Sampai saat ini masih ada saja yang menyakini dan menarik silsilah Genetika Masyarakat Batak sebagi Matheriakal dari Siboru deak parujar (manusia setengah dewi ) dan dianggap sbg KEBENARAN.
#Pengakuan akan Mitos ini pada akhirnya dapat mengaburkan konsep penciptaan manusia di masyarakat batak.
# Banyak juga generasi batak sekarang malah masa bodoh, cuek dan tak pernah percaya akan mitos ini karena dianggap tahayul semata.

Sebagai orang batak, Apa komentar anda ???

BANDINGKAN:
#Argument sejarah.
Tradisi tradisi dari setiap suku bangsamenunjukkan adanya satu nenek moyang yang sama di asia tengah.sejarahtentang migrasi manusiacenderung menunjukkan akanadanya penyebaran dari satu pusat yang sama (leluhur batak bisa jadi adalah kaum imigran dari asia tengah)
#Argumen FILOLOGI.
Studi tentang bahasa-bahasa manusia menunjukkanadanyasatu asal-usul yang sama.Bahsa Indo jerman ditemukan sebagai bahsapalin primitifdan sisa-sisa bahsa itu masih di temukan dalam bahsa sansekerta. Lebih jauh lagi adajuga bukti yang menunjukkan bahwa bahsa batak Toba dan bahasa Toraja adalah rantai penghubung antara bahasa melayu dan bugis.
#Agumen psikologi
Jiwa adalh bagian yang sangatpenting dari keseluruhan natur manusia, baik dalam suku bangsa manapun manusiaitu bersal,jiwa manusia tetaplah sama.sangat sulit mengakui adanya jiwa manusia setengah dewa/dewi menjadi manusia seutuhnya.
#Argumen ilmu alam dan Fisiologi.
Ahli fiologi menyimpulkan bahwa manusia bersal dari satu species saja. Perbedaan -perbedaan yang muncul antarakelompok suku bangsa hanyalah varietasdari keseluruhan species yang satu ini.Memang ilmu pengetahuan tidak mengakui umat manusia bersal dari satu pasang saja,tetapi palin tidakmenunjukkan kemungkinan yang mendekati kebenaran adalah LELUHUR BATAK memiliki kekerabatan dengan UMAT MANUSIA yang ada di bumi ini.

Apakah anda akan terus percaya Mitos itu, atau akan terus mencari Fakta sejarah bahwa LELUHUR batak bukan turun dari kayangan ????

(Tulisan ini hanyalah sebuah perjalanan untuk mencari..tak ada niat atau maksud lain)

_pemuda yg terlahir sebagai Batak_

1 komentar:

  1. Pada Tahun 1986 diadakan Renovasi BATU HOBON.
    RENOVASI bekerja sama dengan Pemda Tapanuli Utara.

    RENOVASI BATU HOBON dilakukan sekumpulan manusia sesat pemuja setan untuk mencuri benda-benda pusaka yang ada di Situs Batu Hobon, terutama keris pusaka Nyi RORO KIDUL yang melegenda yang merupakan putri Raja Tea Tea Bulan.

    Mereka kesal dan kecewa tidak medapatkan keris itu, lalu menyuruh setiap orang yang datang ke Batu Hobon, baik untuk berobat ataupun Meminta harta dan kekuasaan melemparkan telur dan jeruk Purut untuk menguatkan pagar gaib mereka agar tidak ada satu manusiapun yang bisa membuka BATU HOBON .

    Coba saudara bayangkan ”’betapa jorok dan bau Batu Hobon itu akibat Puluhan Ribu Telor Yang dilempar ke atasnya dan jadi Busuk ‘”‘
    …Coba Kepala Saudara atau Rumah Saudara yang dibuat Begitu Bayangkan Joroknya @@@@.

    Saya Sangat Sedih Ketika Melihatnya , Lebih Sedih Lagi Melihat Poparan dari Batu Hobon Yaitu Marga-marga Pasaribu, Malau, Limbong, dlll membiarkan dan mendukung kejorokan tersebut, padahal marga-marga itu yang mengaku aku selama ini sebagai pemilik batu Hobon.

    Ya Tuhan Maafkan mereka atas kesalahan dan Kebodohan Mereka.

    Saudara –Saudara Yang merasa PoParan dari Batu Hobon Sadarlah Akan Tipu daya Iblis.

    Sembahlah TUHAN ALLAH Saja Pakai logika kamu.
    Apakah Opung-opung Kamu sehina Itu ?

    Sadarlah…………. Opung-Opung Kamu Yang dari Batu HOBON adalah Orang baik Yang diberkati Tuhan . Jaga , bersihkan dan Rawat Batu Hobon. Karena itu adalah Makam Mereka. Jangan Pernah membawa Jeruk Purut atau Telor, karena itulah Yang paling dibenci Opung-opung yang dari Batu Hobon.

    Tanyakan kepada manusia sesat pencuri itu, dimana Batyu Hobon yanmg berwarna Hitam sebesar gendongan tangan orang dewasa???????????????

    Yang saudara-saudara lihat saat ini hanyalah Semen jorok belaka dan BUKAN BATU HOBON. BATU HOBON TIDAK DISITU LAGI

    Lihatlah Patung-patung setan yang berdiri di Pusuk BUHIT.
    Lihatlah patung tertinggi seorang laki-laki beristrikan monyet dan kucing ( itukah leluhur kamu??? apapakh benar kamu mau dibilang keturunan monyet dan kucing????)

    Tidak ada opung orang batak berwujud BABI. Itu wujut setan yang menyamar-nyamar.

    Sadarlah wahai bangsaku, bangsa Batak Jangan percaya kepada dukun-dukun ataupun manusia yang mengaku aku roh kudus ada padanya karena mereka semua pengikut IBLIS. Mereka sudah bersatu mulai Upacara Penghancuran BATU HOBON 1086 kemudian Upacara pengusiran Nyi Roro Kidul Tahun 1998 di pantai selatan Pulau jawa.

    Bagaimana mungkin roh Kudus bersatu dan melakukan upacara, sembahyang bersama dukun-dukun padahal mereka mengkotbahkan dukun-dukun itu adalah berhala dari setannnnn???????????
    Tetapi FAKTANYA Telah terjadi.

    HMMMM……………………..
    Jadi , kalau mereka telah bersatu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    terus yang jadi setannya siapa????
    alvatarz111@gmail.com

    BalasHapus