Sabtu, 30 Mei 2009

'KESADARAN DAN KETERPANGGILAN"

Judul ini adalah sebuah kalimat yang sengaja saya kutip dari kalimat dialogis FB di wall -nya Bou (namboru) ku yang baik dan cantik molek..:)

Dalam Pandangan mengenai Kodrat manusia, kita memang harus meneriama akan adanya Kesadaran dan keterpanggilan dan itu sangat manusiawi. Menurutku seluruh individu manusia memiliki keadaan batin untuk mengetahui "Kesadaran dan Keterpanggilan masing- masing".

Kesadaran
Kesadaran bersifat otonom dan pribadi.
Tapi Kesadaran Manusiawi merupakan produk sosial yang muncul ketika manusia saling berinteraksi (take and give). Kesadaran tidak ada bila anda sendirian. Maka Kesadaran sangat mungkin timbul akibat stimulus dari luar diri. Kehidupan batin manusia yang kompleks,yang memuat imajinasi, kreativitas, potensi, keyakinan, yg tidak dapat di singkirkan demi memicu suatu kesadaran.

Keterpanggilan
Kata teman di sebelah ku, kalau ada panggilan harus ada surat panggilannya. Siapa yang memanggil kemana dia di panggil dan untuk apa dia di panggil.
Hal ini saya pikir ada benar juga yach..
Keterpanggilan yang otonom dan pribadi itu ternyata juga muncul dari interaksi dengan pihak di luar diri.
maka keterpanggilan pun tak bisa muncul kalo kita hidup sendirian.

Akhh..andaikan masing -masing kita dapat mengenali Kesadaran dan keterpanggilan kita sendiri
Maka semua tak perlu saling menunggu respon, dan tak perlu juga sesama kita saling mengukur atau menakar baik- buruk, hitam-putih, positif-negatifnya sikap seseorang. Karena semua yang memiliki " Kesadaran dan Keterpanggilan " itu akan bergerak dinamis, proaktif dan tanpa ada unsur paksaan apalagi intimidasi.


(pemuda yang belajar untuk proaktif walaupun tak harus "eksis" )
In this note: Kinta Sipahutar (notes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar